KADNet - Keluarga Advent Network

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Editorial HIDUP YANG BERSYUKUR

HIDUP YANG BERSYUKUR

E-mail Print PDF

Hidup yang bersyukur merupakan kunci kepuasan dan dan kebahagiaan hidup. Tidak heran beberapa negara mempunyai acara Thanksgiving, atau hari ucapan syukur. Misalnya Amerika, Canada atau beberapa Negara Eropah. Amerika mempunyai sejarah hari ucapan syukur, setelah para pendatang dari Eropah mendarat pertama kali di benua Amerika, dan mempunyai panen pertama yang berhasil pada tahun 1623. Sejak itu, telah menjadi tradisi untuk mempunyai hari ucapan syukur.

Mereka rayakan pada hari Kamis pada minggu keempat dari bulan Nopember. Kesempatan ini digunakan menjadi akhir pekan keluarga, dimana umumnya keluarga yang datang dari berbagai tempat, berkumpul untuk merayakan ucapan syukur bersama. Hingga bulan Nopember sering dikenal sebagai bulan ucapan syukur. Hampir semua keluarga telah merindukan bulan ini, khususnya minggu terakhir dari bulan ini untuk menjadi pertemuan keluarga. Walaupun banyak kalkun yang menjadi korban, sebab orang Amerika umumnya merayakan "akhir pekan bersyukur," dengan makan kalkun di tengah keluarga; adalah satu perkara yang sangat indah melihat anggota keluarga berkumpul bersama, dan bersyukur bersama dalam mengingat akan kelimpahan berkat Tuhan. Tidak heran kalau untuk di Amerika, transportasi yang paling sibuk adalah waktu thanksgiving tersebut. Misalnya tahun in ada 34.2 juta penduduk Amerika yang akan mengadakan perjalanan lebih dari 160 km dari rumahnya apakah dengan udara, bis, kereta api atau kendaraan sendiri. Ini adalah liburan Amerika Serikat yang terpadat.

Hidup yang bersyukur memberikan banyak keuntungan dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa keuntungan tersebut termasuk:

1. Meningkat kerohanian. Hidup bersyukur menunjukkan pengakuan bahwa Tuhan adalah Sumber segala berkat.

2. Membuat kita lebih bahagia. Hidup yang bersyukur adalah kebalikan dari hidup yang mengeluh. Keluhan mengganggu kebahagiaan kita.

3. Membuat kita lebih sehat dan meningkat immunitas

Sementara kita menghadapi hidup yang penuh dengan tantangan, namun masih banyak perkara yang kita tetap dapat syukuri. Alkitab mengajar kita untuk bersyukur "DALAM SEGALA HAL." Kita bersyukur atas udara yang kita hirup setiap hari. Coba bayangkan, berapa nilai udara bagi orang yang sulit bernapas? Kita bersyukur sebab adanya rejeki. Kita bersyukur sebab kita dapat bangun pada pagi hari. Kita bersyukur atas kehidupan. Mazmur 136:1, mengatakan, "Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Dia baik." Ya Allah itu baiknya adanya. Allah itu Sumber kehidupan, sumber damai, sumber sumber sukacita dan sumber kebahagiaan. Namun ucapan syukur terbesar dapat disebabkan karena kita dapat diselamatkan. Manusia telah jatuh dalam dosa. Alkitab mengatakan bahwa ‘dosa adalah pelanggaran hukum Allah (1 Yohanes 3:4). Akibat pelanggaran hukum tersebut, manusia tidak lagi bersuka cita, tidak lagi memiliki damai, bahkan kita sudah mati dan akan mati selamanya. Alkitab mengatakan, "Upah dosa adalah maut. (Roma 6:23). Akibat dari dosa, kita kan mati dan mati untuk selamanya. Namun Yesus menjadi Juru Selamat kita… Kita bersyukur oleh sebab keselamatan yang kita peroleh di dalam Yesus. Kitapun bersyukur sebab kita mendapat pemeliharaan Tuhan. Umumnya kita mudah bersyukur bila segala sesuatu berjalan baik. Bila ada pekerjaan, ada teman, sukses dalam pendidikan atau dalam hidup berumah tangga. Namun dapatkan kita boleh tetap bersyukur dan bersuka cita sementara ada malapetaka? Dapatkan kita bersyukur sementara orang lain yang lebih junior naik pangkat, sementara kita turun pangkat? Dapatkah kita bersyukur sementara kita mendapatkan ancaman deportasi? Atau saat semua jalan yang kita hadapi serba buntu? Alkitab mengajak kita untuk juga bersyukur bila menghadapi kesukaran; sebab kesukaran bermanfaat untuk pengembangan tabiat (Roma 5:3-5). Sebuah cerita klasik yang penulis dengar pada 41 tahun yang lalu adalah pengalaman Pdt. Matthew Henry yang baru saja kerampokan. Ternyata dalam laporannya, beliau bersyukur sebab dia kerampokan. Mengapa bersyukur? Sedikitnya ada empat hal mengapa dia bersyukur, 1) Saya bersyukur sebab saya selamat, hanya uang saya yang diambil, 2) Saya bersyukur sebab uang yang diambil itupun jumlahnya kecil, 3) Saya beryukur sebab yang diambil itu uang saya, bukan uang orang lain, 4) Saya bersyukur sebab saya yang dirampok, dan bukan saya yang merampok. Kita dapat bersyukur dalam eadaan yang paling buruk sekalipun. Bagaimana kita bersyukur? Sering kita bersyukur dengan buat acara ucapan syukur dan makan bersama. Sesungguhnya kita dapat bersyukur dengan berbagai cara. Alkitab menyebutkan beberapa cara tersebut:

1 Tawarihk 25:3, Bersyukur dan memuji Allah." Kita dapat bersyukur dengan menyanyi nyanyian pujian kepada Allah, Daniel 6:10, berbicara pengalaman Daniel, dia berdoa dan mengucapkan syukur kepada Allah. Kita dapat bersyukur kepada Allah dalam doa kita. Mazmur 116:17, "Aku akan mempersembahkan korban syukur kepadaMu dan akan menyerukan nama Allah." Memberikan korban syukur berarti dengan memberikan persembahan kepada Tuhan; pertanda ucapan syukur kita kepada Allah. Persembahan tersebut apakah diberikan untuk kebutuhan gereja, ataupun diberikan kepada fakir miskin, menunjukkan tanda syukur kita kepada Allah.

1. Kita bersyukur dengan kehidupan kita melalui pelayanan atau hidup yang mengabdi kepada Allah. Salah satu pendukung YAPI adalah "Reaching Heart for Kids," yang dipimpin oleh Norma Nashed, seorang Advent asal Jordania. Bagaimana sampai dia menaruh perhatian hingga mendukung anak-anak panti asuhan di 13 negara, yang jumlahnya 3000 orang? Oleh sebab dia sendiri pernah jadi penghuni panti asuhan. Dia tunjukkan ucapan syukurnya dengan berbuat baik, menolong anak-anak yang kurang beruntung di berbagai penjuru dunia. Kita tidak harus bersyukur hanya bulan Nopember. Kita boleh bersyukur kapan saja, dan dimana saja. Kita dapat mengucapkan syukur kita dengan nyanyian,doa, kesaksian, persembahan syukur, atau menolong kebutuhan sesama. Kegiatan KADnet Help dan YAPI memberikan peluang kepada kita untuk bersyukur dengan menolong mereka yang kurang beruntung dari kita. Sebab itu, marilah bersyukur dengan memberikan bantuan kemanusiaan, sebab, ""Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku." Matius 25:40.

Comments
Add New Search
busan  - -   |2010-10-19 01:34:27
makna bersyukur...dan bagaimana bersyukur yang benar....
busan   |2010-10-19 01:35:20
bagaimana bersyukur yag benar
Anonymous   |2011-10-03 06:28:35

Anonymous  - my comment   |2012-04-21 00:06:25
jonatan  - saya bingung   |2013-10-06 07:27:16

in the know  - HIDUP YANG BERSYUKUR   |2014-03-05 17:00:53
You have brought up a very excellent points , appreciate it for the
post.

http://tinyurl.com/lfetrth
good point  - HIDUP YANG BERSYUKUR   |2014-03-08 13:20:01
I've been absent for a while, but now I remember why I used to love this site.
Thank you, I will try and check back more frequently. How frequently you update
your site?

http://tinyurl.com/k49ajyd
navigate to this website  - HIDUP YANG BERSYUKUR   |2014-03-15 19:07:12
Appreciate it for helping out, wonderful info. "I have witnessed the
softening of the hardest of hearts by a simple smile." by Goldie
Hawn.

http://tinyurl.com/knwva9b
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
 
:D:):(:0:shock::confused:8):lol::x:P:oops::cry:
:evil::twisted::roll::wink::!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Friday, 04 December 2009 11:42 )