KADNet - Keluarga Advent Network

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Artikel Minggu Ini SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJARAH GEREJA ADVENT (PART 1)

SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJARAH GEREJA ADVENT (PART 1)

E-mail Print PDF

Apakah orang Advent termasuk orang Kristen?" Pertanyaan ini sulit untuk dijawab dikalangan gereja Protestant pada pertengahan abad yang lalu. Ada yang mengatakan YA ! dan ada juga yang mengatakan TIDAK. Bahkan gereja-gereja yang beraliran evangelical memasukkan Gereja Advent sebagai kelompok cult atau ajaran sesat. Mereka memasukkan gereja Advent sebagai ajaran sesat karena ajaran Gereja Advent sangat berbeda dengan gereja Protestant lain dan berkesan tidak berfokus pada Kristus. Disamping itu, mereka melihat Gereja Advent yang mengajarkan tulisan-tulisan Ellen White sebagai tambahan dari Alkitab, memelihara Sabat dan sebagai jalan memperoleh keselamatan, mengajarkan bahwa Yesus bukanlah Tuhan, dan karena gereja Advent percaya bahwa hanya merekalah gereja yang benar, umat yang sisa di akhir zaman.

Dalam buku The Rise Cults yang ditulis oleh Dr. Walter Martin, seorang spesialis ajaran sesat, mendaftarkan Gereja Advent dalam lima besar gereja sesat yang paling berbahaya. Gereja-gereja yang dia maksudkan adalah Christian Science, Saksi-Saksi Yehuwa, Mormon, Unity, dan Gereja Advent.

Martin dalam bukunya menyatakan bahwa sebenarnya sebagian ajaran Advent sangat dekat dengan Protestant aliran evangelical sehingga dalam bumunya Ia berjanji akan melakukan penyelidikan yang seksama pada ajaran Gereja Advent.

Pada waktu itu, Martin bekerja sebagai penulis lepas pada majalah Eternity, majalah terbesar dikalangan Protestan konservatif pada tahun 1950-an. Dia mendekati penerbitnya, Donald Grey Barnhouse, dan mengusulkan untuk melakukan penelitian tentang Gereja Advent. Usulan itu diterima dan Barnhouse menganjurkan Martin untuk menghubungi Pendeta T.E Unruh, ketua Konferens Pennsylvania Timur.

Enam tahun sebelumnya, Pendeta Unruh menulis surat ucapan terima kasih kepada Barnhouse setelah mendengar siaran radio Barnhouse . Surat ini mengejutkan Barnhouse yang berdasarkan pengalamannya orang Advent tidak percaya pada keselamatan oleh kasih karunia. Ketika Martin memberikan usulan penelitiannya , Barnhouse mengingat surat Pendeta Unruh dan meminta Martin untuk menghububungi Advent tersebut. Setelah dihubungi, Pendeta Unruh kemudian mengatur pertemuan dengan pimpinan Gereja Advent di kantor pusat Gereja Advent di Washington DC, pada bulan Maret 1955. Pada pertemuan pertama, hadir Martin dan George Cannon, seorang profesor Perjanjian Baru, dan tiga perwakilan yang ditunjuk oleh General Conference untuk menjawab pertanyaan Martin dalam rangka penelitiannya. Ketiga orang yang mewakili Gereja Advent adalah: T.E Unruh, Leroy Edwin Froom, dan Walter Read, dan yang menjadi juru bicara adalah Froom.

Bagi Froom pertemuan itu seperti sebuah mimpi yang kenyataan sebab kurang lebih dua puluh tahun Froom bekerja keras menjelaskan ajaran Advent pada Gereja Protestant lain dengan harapan agar Gereja Advent tidak dianggap sebagai gereja sesat. Ketika Ia melihat bahwa Martin datang dengan niat untuk mempelajari ajaran Advent, maka Froom melihat ini suatu kesempatan besar, Ia tidak mau kehilangan kesempatan emas ini untuk menujukkan pada Gereja-Gereja lain bahwa Gereja Advent bukanlah ajaran sesat.

Setelah basa-basi sebentar, Martin langsung pada pokok pembicaraan, Ia memberikan 40 pertanyaan yang dibawanya. Diantaranya, apakah Gereja Advent percaya Trinitas? Apakah Gereja Advent menganggap tulisan-tulisan Ellen White sebagai tambahan Alkitab? Bagaimana posisi Yesus dan ajaran Keselamatan oleh kasih karunia dalam ajaran Advent? Bagaimana penjelasan Gereja Advent tentang hubungan antara pemeliharaan hukum, terutama pengudusan hari Sabat, dengan ajaran Alkitab tentang keselamatan oleh kasih karunia? Bukanlah ajaran pengadilan pemeriksaan (investigative judgment) mengurangi atau bahkan menghilangkan arti penebusan Kristus yang sudah sempurna di salib?

Froom sebagai juru bicara perwakilan Gereja Advent tidak langsung menjawab pertanyaan itu. Ia berhenti dan dan meminta waktu untuk mendiskusikannya dengan kedua perwakilan yang lain. Ia ingin agar jawaban yang diberikan dititikberatkan pada persamaan antara ajaran Advent dan Protestant Engaelical. Dan kemudian, mereka mulai memberikan beberapa jawaban. Apakah Gereja Advent percaya Trinitas? Ya. Banyak perintis kami tidak percaya, tapi dengan penjelasan Ellen White, kami sepenuhnya menerima ajaran ini. Apakah Anda menganggap tulisan-tulisan Ellen White sebagai tambahan Alkitab? Tidak. Kita percaya tulisan-tulisan Ellen White tunduk kepada otoritas Kitab Suci. Bagaimana posisi Yesus dan ajaran Keselamatan oleh kasih karunia dalam Teologi Advent? Kristus adalah jantung teologi Advent dan kita diselamatkan oleh kasih karunia Tuhan saja. Apakah Gereja Advent menekankan pada penurutan pada hukum, terutama tentang hari Sabat, dan melalui penurutan itu mendapatkan anugrah keselamatan? Tidak. Kami percaya kami memelihara hari Sabat karena kami sudah diselamatkan, bukan untuk diselamatkan. Bukanlah ajaran pengadilan pemeriksaan (investigative judgment) mengurangi atau bahkan menghilangkan arti penebusan Kristus yang sudah lengkap dan sempurna di salib? Penebusan Kristus di salib itu lengkap dan sempurna, dan Kristus sekarang mengaplikasikan atau menggunakan penebusan yang sempurna untuk semua orang yang percaya. Salib dan pelayanan Kristus di kaabah surgawi saling melengkapi dan bagian dari rencana besar penebusan Allah, dan tidak bertentangan satu sama lain.

Ketika para pemimpin Adventis yang berhasil mematahkan asumsi Martin dan orang lain tentang Gereja Advent, Martin secara dramatis mengubah pandangannya tentang Gereja Advent. Bahkan, keesokan harinya, Martin membuat pengumuman mengejutkan bahwa ia tidak lagi dilihat ajaran Advent sebagai ajaran sesat dan mengulurkan tangannya sebagai tanda penerimaan pada Gereja Advent sebagai sesama orang Kristen.

Setelah pertemuan itu, selama 18 bulan berikut, terjadilah diskusi-diskusi antara Gereja Advent dan Protestant evangelical. Pada diskusi-diskusi tersebut kemudian ikut serta Barnhouse mewakili Protestant evangelical dan Roy Allan Anderson dari pihak Gereja Advent, dan puncak diskusi itu adalah ketika Barnhouse menulis artikel dalam majalah Eternity dengan judul "Apakah Gereja Advent termasuk Kristen?" Jawabannya adalah "ya". Barnhouse menyatakan bahwa ia tidak sependapat dengan banyak ajaran Advent, tetapi ia percaya bahwa orang Kristen boleh tidak sependapat dalam beberapa keyakinan, tetapi yang terpenting adalah mereka menyepakati apa yang ia dan Martin disebut "doktrin utama ajaran kekristenan seperti Trinitas, otoritas Alkitab, keselamatan melalui Kristus, dan kedatangan Kristus yang harfiah. Setahun kemudian pada bulan September 1956, Gereja Advent menerbitkan buku Questions on Doctrine, buku yang berisi jawaban atas 40 pertanyaan yang diajukan Martin. Buku ini dimaksudkan untuk membangun komunikasi dengan semua gereja Kristen lain menggunakan bahasa dan cara berpikir Protestant beraliran evangelical.

Secara umum isi Questions on Doctrine mencerminkan ajaran tradisional Gereja Advent, tetapi ada beberapa bagian dalam buku tersebut yang kontroversial. Beberapa teologian dalam Gereja Advent berpendapat bahwa Le Roy Froom, Walter Read, dan Roy Anderson (ketiga penulis ini sering disebut "FREDA" sesuai dengan singkatan nama mereka) contributor utama buku ini tidak mempresentasikan ajaran Advent dengan benar.

Salah satu teologian yang menentang buku ini adalah Pendeta M.L Andreasen. Akibat penolakannya pada buku ini Gereja Advent mencabut ministerial credential-nya. Pendeta George Knight dalam Questions on Doctrine: Annotated Edition menulis "Penerbitan Questions on Doctrine menciptakan perpecahan yang berdampak permanen lebih dari peristiwa manapun dalam sejarah Gereja Advent." Ketika "QOD: 50th Anniversary Conference" akan diselenggarakan di Andrews University tahun 2007, President General Conference, Pendeta Jan Paulsen mengatakan "tidak mendukung penelitian ulang isu teologis yang disajikan 50 tahun lalu di dalam buku Questions on Doctrine. Masalah teologi sangat potensial untuk membuat perpecahan gereja."

Ada apa sebenarnya dengan buku Questions on Doctrine? Kami persilahkan pembaca mengikuti kontroversi tersebut pada Kadnet edisi pekan depan. ~

Comments
Add New Search
Peter Matthew  - Ajaran advent sangat sesat   |2010-05-31 18:47:33
Jika kita pelajari buku pelajaran sabat maka banyak diketemukan hal-hal yang
salah pada ajaran adventis. Apakah EG White seorang nabi jelas salah. Untuk
mengetahui lebih lanjut silahkan lihat
video:

1.http://www.youtube.com/watch?v=QFQ2YeV
ZOno&feature=related
2.http://www.youtube.com/wat
ch?v=fEochm2hvG0&feature=related

Jika kita dengar simak video maka ajaran
advent bisa disebut sangat sesat. Saya bersama 2 juta former SDA telah
mendirikan gereja exadventis
Richard Hutasoit  - Respons to Peter Matthew   |2010-06-09 10:19:31
Anda mengatakan bahwa setelah mempelajari buku pelajaran Sabat maka banyak
ditemukan hal-hal yang salah pada ajaran Adventist.

Langkah yang anda ambil
sudah benar, yaitu sebelum mengambil konklusi melalukan penyelidikan dulu.
Tetapi satu hal yang patut dipertimbangkan adalah mencari informasi tentang
Adventist langsung dari sumbernya. Seperti halnya Dr. Walter Martin, ia
melakukan research dengan interview langsung para pimpinan Gereja Advent.
Carlo  - Haleluya   |2012-12-09 22:23:06
Boleh tau dimana gerejanya??

2 Juta mungkin terlalu banyak untuk
"orang-orang Advent". saya meyakini bahwa Yesus adalah juruselamat, saya
bersyukur telah ditebus di kayu salib, dan karena itulah saya menguduskan
Sabbath sebagaimana Yesus yang "menguduskan Sabbath" dan "pergi ke
Rumah Tuhan pada hari Sabbath".

"pilihlah pada hari ini kepada siapa
kamu akan beribadah, tapi aku dan seisi rumahku kami akan beribadah kepada
TUHAN!" (Yos 24:15)

tidaklah mungkin ada 2 Juta umat yang hilang dan kami
tidak mengetahuinya, semua orang Advent adalah saudara bersaudara.

kita semua
akan memuji membesarkan nama Tuhan di bumi dan di Sorga. Miskin, Kaya, Kecil,
Besar, semua kan berseru "HALELUYA".

terpujilah Nama Yesus. yang selalu
mendiami hati setiap orang percaya, yang selalu bekerja, membawa bilur-bilurnya
dengan penuh kasih.

Yesus Menyertai Saudara!
Peter Matthew  - To the Pastor and the board of the SDA Church   |2010-05-31 18:51:07
To the Pastor and the board of the SDA Church

The following letter contains
my personal reasons which are at the heart of why I’m no longer an Adventist.
After reading this letter I hope it will become clear to you and to the board of
the church that I’m no longer Adventist at heart and you will show the
necessary respect for my religious freedom and will not continue to keep me a
member of your church against my decision to resign my membership in the
Adventist Church.

Until the mid fifties of the 20th century, the SDA Church
was classified in the same category with the Jehovah’s Witnesses, Mormons and
other Pseudo-Christian churches. The Church dedicated itself to the task of
correcting her bad image and to demonstrate that her particular understanding of
the gospel is in harmony with the gospel of the Reformation, in line with the
gospel of Luther, Calvin, Zwingly and the evangelical world, in contrast with
...
airul parapat  - mahasiswa   |2010-08-27 02:59:27
saya tertarik dgn buku tersebut, dimana bisa saya dapat???
Richard Hutasoit  - Respons to Airul Parapat   |2011-01-05 02:11:41
Buku Questions on Doctrine yang original dapat dibaca di
http://www.sdanet.org/atissue/books/qod/index.htm

sedangkan "QOD
Annotation Edition" belum ada versi online-nya
Andy Mark  - shallom...   |2011-01-14 11:46:01
di manakah saya boleh membaca untuk seluruh isi kandungan buku the great
controversy ini?
suzanty  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2013-01-26 20:37:47
bisakah saya mendapatkan part II nya? tolong kirimkan email saya. trimz byk.
GBU!
Rama Asia  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2013-06-02 20:09:08
Bilamana sudah ada Part 2 nya "Sejarah Buku yang paling kontroversial dalam
sejarag Gereja Advent, bolehkah saya mendapatkannya. Karena ini penting bagi
setiap orang Avent agar tidak disesatkan. Terima kasih. Tuhan beserta kita...
Imam  - Kebenaran tidak perlu diperdebatkan   |2013-07-03 23:08:02
Pada dasarnya Tuhan telah menanamkan kebenaran kepada setiap manusia. Bilamana
timbul keinginan-tahuan lebih jauh tentang dalamnya, tingginya dan indahnya
kebenaran Sang Pencipta, maka datanglah dengan sungguh-sungguh kepadaNYA, mohon
petunjuk sehingga ROHNYA berbicara kepada kita, maka kita akan ditunjukkan JALAN
KEBENARAN SEJATI. Jika mampu membaca banyak buku referense Kebenaran, bacalah !
Tapi ingat : Karena Tuhan itu Esa (Satu), maka KebenaranNYA pastilah Esa (Satu).
Tidak ada istilah banyak jalan menuju ke Roma. Agama yang benar adalah Agama
Tuhan. Jadi janganlah membenci pendapat orang jika tidak sesuai dengan apa yang
ada dalam benak kita. Carilah, maka kamu akan mendapatkan. Selamat Mencari
Kebenaran. Jika Kebenaran itu telah diperoleh, yakinilah dengan sungguh-sungguh,
maka Keselamatan Kekal menjadi bagian kita.
get more information  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-01-20 01:04:21
Very interesting subject, appreciate it for
posting.

http://tinyurl.com/n6syauz
sneak a peek at these guys  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-02-04 23:41:39
Dead composed content material, Really enjoyed
reading.

http://tinyurl.com/o6mopof
click here to read  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-02-07 03:11:54
I have recently started a web site, the info you provide on this site has helped
me greatly. Thanks for all of your time & work. "If you would know strength
and patience, welcome the company of trees." by Hal
Borland.

http://tinyurl.com/msuonvm
Gege  - Pertanyaan, tolong di jawab   |2014-02-16 21:44:10
Saya mau bertanya!!!
Menurut ajaran Advent apakah Anda setuju dengan ibadah di
hari Minggu?

Apakah salah kita beribadah di hari Minggu?

Menurut Anda kalau
kita beribadah di hari Minggu, kita bukan anak-anak Allah???

Kalau kita
beribadah di hari Minggu apakah kita tidak mendapat keselamatan dari Allah?
over at this website  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-02-20 12:07:17
I simply could not leave your website prior to suggesting that I actually loved
the standard info a person provide to your visitors? Is gonna be again regularly
to investigate cross-check new posts.

http://cougarchat.net
lol...  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-02-22 00:17:43
Merely wanna admit that this is invaluable , Thanks for taking your time to
write this.

http://tinyurl.com/bno42j4
CHAT  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-02-23 17:54:53
I was looking at some of your posts on this site and I conceive this internet
site is very informative! Continue putting up.

http://tinyurl.com/katlyp2
chat  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-02-23 23:20:57
I will immediately snatch your rss as I can not find your e-mail subscription
link or e-newsletter service. Do you have any? Kindly permit me understand in
order that I could subscribe. Thanks.

http://tinyurl.com/m5j3azv
Story  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-03-04 21:13:46
Keep up the excellent work, I read few posts on this website and I believe that
your website is rattling interesting and has got lots of good
information.

http://tinyurl.com/m9ta9nz
agree with  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-03-08 13:06:33
hi!,I love your writing so a lot! proportion we keep up a correspondence more
approximately your article on AOL? I require a specialist in this house to
unravel my problem. Maybe that's you! Having a look ahead to look
you.

http://tinyurl.com/llxc8pl
visit page  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-03-29 14:55:24
Some really nice and useful info on this web site, also I conceive the style and
design holds good features.

http://tinyurl.com/kdflywm
Nidia  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-04-09 13:23:44
Thanks for your input, it assist me
immensely

http://www.freewebsite-service.com/ba gsforyou/forside.php
Filomena  - SEJARAH BUKU YANG PALING KONTROVERSIAL DALAM SEJAR   |2014-04-10 08:57:15
Excellent post I hope to make use of more of your details, time
prepared.

http://bagsland.soup.io/post/40581412 9/Fashion-Bags-For-Both-Sexes
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
 
:D:):(:0:shock::confused:8):lol::x:P:oops::cry:
:evil::twisted::roll::wink::!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."