KADNet - Keluarga Advent Network

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Theology PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI

PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI

E-mail Print PDF

Ada yang mengemukakan bahwa poligami membuka peluang pemerataan ekonomi dimana kekayaan suami bisa lebih merata didistribusikan kepada lebih banyak isteri dan anak-anak mereka, tetapi banyak juga yang menolak argumentasi ini karena secara makro ekonomi masyarakat tidak lebih membaik bahkan menambah jumlah anak yang lahir yang mengakibatkan ekonomi juga makin terbagi oleh lebih banyak penduduk (biasanya yang menganut faham literal kitab suci juga menolak keluarga berencana sehingga menghasilkan banyak anak yang dianggap sebagai rejeki ilahi). Memang sang ulama kondang yang membuat berita itu mengatakan salah satu alasannya adalah menolong janda yang kesulitan ekonomi. Alasan ini mengundang kritik pendakwah wanita yang mengatakan mengapa tidak mencari janda yang tua yang sudah tidak berdaya, mengapa hanya janda yang lebih muda dan cantik dari isteri pertamanya? Memang benar, menolong orang perlu dilakukan tanpa pamrih, kita dapat menolong dengan membagikan harta kita kepada keluarga yang kesulitan tetapi apa perlu harus dibalas dengan menguasai tubuh si perempuan, apalagi dengan demikian si isteri muda akan melahirkan anak-anak lagi.

Argumentasi lain adalah bahwa poligami adalah alternatif atau substitute bagi perzinahan, yaitu daripada berzinah lebih baik berpoligami. Kelihatannya dibalik poligami demikian ada motivasi nafsu seksual yang tidak teratasi sehingga poligami menjadi saluran. Studi lain menyebutkan bahwa mereka yang berpoligami juga banyak yang berzina kalau alasannya dorongan seksual yang berlebihan dan ini bukan alasan yang tepat bagi pembenaran poligami. Perzinahan adalah sesuatu yang tercela dimata semua agama Allah, karena itu menutupi perzinahan dengan poligami bukan cara yang bijak, sebab menikah siri tanpa memberi tahu isteri pertama sudah berarti berzinah. Pernah seorang ulama berdakwah di hotel, langsung ia mengajak seorang jamaah wanita untuk masuk kekamar hotel malamnya dan diperisteri secara siri, setelah berhubungan badan si ‘siteri’ diceraikan, ini jelas perzinahan sekalipun menikah secara siri dengan wali yang sah secara agama (padahal cuma beberapa jam demi tersalurnya gejolak syahwat).

Dibalik semua itu faktor keadilan adalah faktor yang paling tidak dimiliki manusia. Apakah adil kalau isteri kedua dinikahi secara siri (yang tidak memiliki hak sama didepan hukum dengan isteri resmi), lebih lagi biasanya pernikahan itu dilakukan diam-diam dan baru setelah menikah siri maka isteri diberitahu dan dimintai persetujuannya. Dalam hal ini isteri pertama di ‘fait-accomply’ tanpa daya atau isteri pertama yang tidak mau dimadu kemudian minta cerai.

Ada yang menyalahkan presiden dan wakilnya yang kok ‘mengurusi urusan keluarga orang.’ Mungkin sepintas kelihatannya sederhana sebagai campur tangan pemerintah terhadap kehidupan pribadi warga dalam hal membentuk keluarga, tetapi kalau kita melihatnya dalam konteks yang lebih luas dalam tatanan sosial-kemasyarakatan, kita dapat memaklumi mengapa hal itu merupakan kewajiban pemerintah untuk mengatur, soalnya kalau poligami diresmikan dan disahkan pemerintah, apalagi kalau beristeri sampai empat, bisa dibayangkan buntutnya dimana tunjangan isteri pegawai negeri bakal menjadi bengkak yang tentu akan membebani anggaran belanja nasional. Apalagi, kalau kebiasaan poligami makin meluas dan mendorong orang lebih banyak korupsi untuk memenuhi biaya keluarga yang membengkak.

Dikalangan agama Kristen, Poligami dilarang. Alkitab Perjanjian Lama menyebutkan bahwa Allah menciptakan satu pria (Adam) dan satu wanita (Hawa) untuk melahirkan keturunan. Adanya poligami dicatat dimulai dari anak Kain bernama Lamech, Kain adalah anak Adam yang berdosa membunuh Habel saudaranya. Jadi penyimpangan poligami terjadi sejalan dengan penolakan manusia akan firman Allah. Sekalipun kemudian poligami dipraktekkan juga di kalangan tertentu di Israel, umumnya bani Israel terlebih setelah pembuangan di Babil menganut monogami.

Umat kristen berada dalam konteks budaya Yahudi (termasuk budaya Yunani & Romawi) yang bercorak monogami, dan ajaran Yesus dan para rasul juga mengarah kepada monogami dengan mengacu pada penciptaan Adam dan Hawa, dan perjodohan merupakan pembentukan satu kesatuan daging yang melibatkan hanya dua pihak. Waktu itu kawin lagi berarti menceraikan yang pertama, dan Yesus menyebut kawin lagi sebagai perzinahan (Matius 19:3-9).

Rasul Paulus juga menyebutkan perkawinan sebagai hubungan monogami yang mencerminkan kesatuan umat dengan Tuhan yang esa. Poligami dan perceraian adalah percabulan dan karena umat adalah rumah Roh Kudus, maka kita harus memuliakan Allah dengan tubuh kita (1 Korintus 6:12 – 7:16). Lebih lanjut, rasul Paulus menggambakrkan pernikahan suami-isteri sebagai bersifat monogami mengacu pada hubungan Kristus dengan jemaat, dan kasih dan hormat merupakan penyatu dan dasar kehidupan suami-isteri (Efesus 5:22-33), dan ditengah budaya dimana ada orang-orang berpoligami dan ada orang-orang bertobat yang semasa kafir berpoligami, para pemimpin jemaat diharuskan menjadi teladan dengan beristeri satu saja (1 Timotius 3:2).

Sejarah Perjanjian Lama banyak menjelaskan dampak ketidak-adilan dan permusuhan dalam keluarga-keluarga poligami yang akan dirasakan sampai keturunan mereka yang jauh. Kita melihat permusuhan keturunan Lut yang sekalipun bebas dari dosa Sodom & Gomorah, kemudian berpoligami dengan kedua putrinya karena alasan langkanya pria yang mendiami kota yang sudah dihancurkan oelh hukuman Tuhan. Kedua keturunan Amon dan Moab terlibat permusuhan yang berkelanjutan. Kita melihat kasus Yakub yang berpoligami dimana keturunannya saling bersaing dan berperang sampai pada keturunan jauh mereka.

Contoh khas poligami yang tidak mungkin adil bisa kita lihat dalam diri Abraham yang beristeri Sarah dan Hagar dan beberapa lainnya. Keturunan Ishak (dari Sarah) dan Ismael (dari Hagar) menjadi musuh bebuyutan sampai sekarang yang melibatkan dua bangsa besar Yahudi dan Arab dalam perang yang tidak habis-habisnya.

Berdasarkan kenyataan-kenyataan diatas, umat Kristen harus menyadari bahwa Allah menghendaki umatnya tidak berpoligami dan perzinahan seharusnya tidak masuk kosa-kata kehidupan berkeluarga. Kasih, kesetiaan, keadilan, dan pengorbanan harus menjiwai setiap keluarga Kristiani. Sekalipun dalam skala terbatas Alkitab memperkenankan umat kawin lagi, syaratnya cukup berat, yaitu bila pasangan meninggal atau berzinah, namun firman Tuhan juga mengajarkan agar dalam pernikahan ada pengampunan bila pasangan sekali waktu terjatuh dalam dosa. Pertobatan dan pengampunan harus menjadi bagian dari perkawinan dan rasul Paulus memberi petunjuk bahwa sekalipun ada bahaya perzinahan, daripada berpoligami sebaiknya seseorang membujang bila pasangannya meninggal (sekalipun kawin lagi karena kematian/perzinahan pasangan dibolehkan).

Memang tidak mustahil bahwa umat kristiani bisa jatuh dalam dosa perzinahan dan dosa seksual lainnya seperti yang baru-baru ini dialami seorang tokoh kristen di Amerika Serikat, tetapi itu tidak menutup anugerah Allah baginya, asalkan ia bertobat dan tidak mengulang kembali perbuatan dosanya.

Ada penelitian di Amerika dimana dijumpai kenyataan bahwa satu dari tiga pernikahan di Amerika berakhir dengan perceraian dan satu dari tiga pernikahan diwarnai dengan perzinahan. Yang menarik adalah yang sepertiga sisanya yang tetap menjalankan pernikahan monogami dengan kesetiaan tercatat banyak berasal dari kalangan umat yang beriman konservatif yang masih mempercayai Alkitab sebagai firman Allah yang perlu diyakini dan dipatuhi.

Walter Trobisch yang banyak menulis buku-buku mengenai cinta dan pernikahan menceritakan kehidupan pendeta digerejanya. Sekali waktu pendetanya menghadapi isterinya yang sakit lumpuh di tempat tidur, dan si isteri mengatakan kepadanya agar suaminya menikah lagi karena sebagai isteri ia sudah tidak lagi bisa melayani kebutuhan suami seutuhnya. Sang suami menjawab bahwa puluhan tahun si isteri telah mendampinginya dengan seiman dan kesetiaan, bagaimana ia bisa melupakan hal itu dan kawin lagi? Semangat kasih si pendeta menurun ke Walter Trobisch sehingga ia dapat menjadi konselor perkawinan yang banyak menyelamatkan perkawinan orang-orang modern dan terutama melalui buku-bukunya yang menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Comments
Add New Search
zaini hadi  - write comment   |2010-11-30 18:24:32

leo  - 123123   |2011-10-03 10:42:50
betul gak mungkin cinta dibagi-bagi

raja daud dulu ambil istri orang aja
dihukum , yesus dengan tegas melarang , karena jika seorang punya banyak isteri
orang itu jadi serakah dan dipenuhi hawa nafsu
tripon susiono  - tentang poligami   |2011-02-04 05:50:29
Kita tidak usah mempersalahkan tentang poligami boleh atau tidak, bagaimana
dengan sejarah nabi-nabi sperti salomo dan lainnya? trimakasih salam Glu
justrayn  - kenapa tidak kisahkan poligami?   |2011-11-08 09:37:56
poligami kalau kita ingin bandingkan sama raja daud, salomon dan sebagainya,
memang tidak akan dapat atau susah mau berhenti bicaranya. akan tetapi, jikalau
dibandingkan dengan Alkitab(Firman Allah), patukannya ada di sana. Jadi Allah
bilang, jangan berzina, zina itu maksudnya kalau membahagikan keinginan
berhubungan sebagai suami isteri(contohnya:dari pandangan, pemikiran, dan
sebagainya) lebih dari satu. Ya sudah namanya nikah kawin itu ehad(satu). jadi
harusnya satu dalam apa jua segi hidup berumahtangga. salam.
fret hariyanto   |2011-06-25 02:29:47
poligami menurut al-qur'an tidak boleh. kebanyakan pelaku melegalkan dengan satu
ayat saja(an-nisa ayat 3) tanpa menghiraukan ayat yang lain(an-nisa 129)...
Anonymous   |2011-10-03 04:40:02
LIKE THIS POST
jOHANIS mEDEA   |2011-10-03 04:41:13
LIKE THIS POST
R. Teguh Eryantoko  - Urun Rembug   |2012-06-04 13:30:38
Sebagai org kristen kita harus bisa bertahan dlm kesetiaan unt keluarga terutama
unt Tuhan. Memang fenomena kawin sirih ini seringkali digunakan sbg pembenaran
tapi klu kita cermati setiap pelaku kawin sirih pasti akan menyembunyikan
prilakunya itu, meskipun nantinya akan ketahuan juga. Seperti Adam dan Hawa yang
menyalahi ketaatan pd Allah, begitu mereka merasa salah mereka bersembunyi. Ada
beberapa hal yang bisa dicermati dari org-org yg akan kawin sirih / berPoligami
:
1. Biasanya sebelum niat kawin sirih/poligami itu terlaksana, si pelaku akan
bersikap lebih baik dari biasanya spt. : tebar pesona, berusaha tampil sbg
pahlawan baik dlm lingkup keluarga ataupun di lingkup tempat mereka biasa
berinteraksi dan bersosialisasi. Hal ini secara psikologis akan lebih
memberanikan mereka ketika nanti mengutarakan maksudnya terutama kepada istri
ataupun anak-nya.
2. Ketika nanti diketahui istri Sah dan anak-anaknya tdk
setuju, si ...
mbakci  - mencontoh siapa ?   |2012-10-02 07:01:45
memang agak sedikit repot. jika kita mencontoh para nabi dahulu, mereka banyak
yg poligami. jika mencontoh yesus, jalan terbaik adalah selibat seperti bapa
pastur.
Masrukhi  - Manusiawa   |2012-11-13 19:35:30
Al Quran merupakan kitab yang sempurna dan di jaga kesuciannya.untuk seluruh
Alam.
buren  - poligami   |2012-11-23 21:00:02
sy heran dalam agama samawi sejarah nabi2 sebelumnya Allah membolehkan poligami
seperti Nabi Abraham 2 bini, Nabi Ishak 2bini,yacob 4 bini,Nabi Daud banyak
bini,nabi Sulaimanbanyak bini,Islam boleh poligami, tapi agama kristen kok ng
boleh, apa krn yesus kagak sempat kawin?
sy kira tdk ada ayat di alkitab yg
dengan jelas melarang poligami. sy heran kok ada agama yang melarang poligami
ini perlu dipertanyakan
look at this site  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-02-09 02:54:41
I went over this web site and I think you have a lot of great information, saved
to my bookmarks (:.

http://tinyurl.com/lhqvlqu
learn the facts here now  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-02-10 08:21:33
you are really a excellent webmaster. The web site loading speed is incredible.
It seems that you are doing any unique trick. In addition, The contents are
masterpiece. you've done a excellent task in this
topic!

http://tinyurl.com/kmuyqa7
try what she says  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-02-10 15:53:16
But a smiling visitant here to share the love (:, btw great design
.

http://tinyurl.com/n7x4rcr
super fast reply  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-02-12 03:44:31
Thanks for your post. One other thing is that if you are disposing your property
all on your own, one of the issues you need to be alert to upfront is when to
deal with household inspection reviews. As a FSBO home owner, the key about
successfully switching your property and saving money on real estate agent
income is knowledge. The more you already know, the easier your property sales
effort will likely be. One area in which this is particularly essential is
inspection reports.

http://is.gd/fZSXJK
try what she says  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-02-12 22:26:56
Some truly great info , Gladiola I observed this. "Love consists in
this, that two solitudes protect and touch and greet each other." by Rainer
Maria Rilke.

http://tinyurl.com/k69uvvd
advisor  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-02-15 19:05:42
I have been absent for some time, but now I remember why I used to love this
website. Thanks , I will try and check back more frequently. How frequently you
update your website?

http://tinyurl.com/mgkmphz
jewels advice  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-02-22 21:36:03
Thanks for your input, it help me
immensely

http://tastyplanner.com/chefs/bill888 phillips
discover more here  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-02-25 14:16:12
Would you be concerned with exchanging hyperlinks?

http://tinyurl.com/myu66pz
whitening toothpaste  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-03-08 01:59:02
Always good to find information that can help,
cheers

http://www.articlesfactory.com/articles/
health/a-cheat-sheet-for-whiter-teeth.html
agree with  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-03-29 15:17:05
Hi, Neat post. There is a problem together with your site in internet explorer,
might test this
Felisha  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-04-07 14:59:28
Even more information like this will be excellent, hope I can drop in once more
and use it.

http://bagsgalore.webstarts.com/index.html
Nichol  - PANDANGAN ALKITAB MENGENAI POLIGAMI   |2014-04-09 10:00:00
Always great to find information that can help,
cheers

http://bagsland.soup.io/
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
 
:D:):(:0:shock::confused:8):lol::x:P:oops::cry:
:evil::twisted::roll::wink::!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."