KADNet - Keluarga Advent Network

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Aneka Berita WAHITA ENGKAU SANGAT BERHARGA DI MATA TUHAN

WAHITA ENGKAU SANGAT BERHARGA DI MATA TUHAN

E-mail Print PDF
BOGOR [KADNET] – " Oleh karena engkau berharga di mataKu, dan mulia, dan Aku mengasihi engkau” Wanita adalah Karya Tuhan yang Indah...namun ada sebagian wanita yang menganggap dirinya begitu lemah dan tak berdaya dan ada pula yang berkata, “Menjadi wanita adalah takdir yang tidak menyenangkan.” Benarkah itu? .Wanita memang memiliki keterbatasan dibandingkan dengan pria, tetapi wanita memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pria yaitu: kepekaan, kelembutan dan pesona khusus yang berasal dari Tuhan. Tuhan tidak salah menjadikan kita sebagai seorang wanita, semuanya ada di dalam rencana-Nya. Tuhan Yesus dapat saja datang ke dunia tanpa melalui rahim seorang wanita, tetapi Ia memakai seorang wanita untuk rencana penebusanNya atas manusia. Setiap wanita lahir di dunia dengan membawa rencana Tuhan Bagaimana sebenarnya pandangan Tuhan terhadap perempuan? Apakah pandangan Tuhan itu sama dengan pandangan beberapa masyarakat yang kurang menghargai wanita dibandingkan dengan pria ? Jawaban yang sesungguhnya adalah Tuhan menciptakan pria dan perempuan serupa menurut gambar-Nya (Kejadian 1:27). Allah menciptakan wanita bukanlah dari debu tanah melainkan dia diambil dari tulang rusuk seorang pria...(kejadin 2:22), Peranan perempuan yang sederajat dan melengkapi ini tampak lebih nyata dalam peristiwa penciptaan, ketika Tuhan menciptakan perempuan dari tulang rusuk laki-laki. Perempuan diciptakan bukan untuk ditaklukkan ataupun ditinggikan.  Itu berarti wanita tidak lebih rendah daripada laki-laki di hadapan Tuhan. Pria dan wanita memiliki kedudukan dan otoritas yang sama di hadapan-Nya.
Bagi Yesus, wanita bukanlah warga kelas dua yang dikesampingkan kepentingannya. Wanita berharga di mata-Nya. Wanita layak mendapat tempat dan kesempatan yang setara dengan pria, juga dalam hal menerima anugerah keselamatan dari Allah. Walaupun Alkitab menyebutkan perbedaan peranan di antara pria dan wanita, yang jelas tak ada perbedaan hak untuk menerima kasih karunia Allah (Gal. 3:28-29)
Wanita memiliki tempat spesial di mata Tuhan, karena dialah gambaran mempelai wanita atau gereja atau jemaat atau kekasih-Nya yang dicintai dan dipersiapkan-Nya. Ada banyak kisah dalam Alkitab yang menggambarkan bagaimana wanita wanita yang mendedikasikan hidupnya bagai Tuhan,  beberapa diantaranya adalah :
•    LIDIA. Ia berasal dari Makedonia dari Filipi (Kisah Para Rasul 16:13-40). Ia pengikut pertama dari Eropa, seorang yang bukan Kristen. Pada tahun 50, ia menjadi anggota kelompok doa dan pemahaman Alkitab wanita Yahudi yang bertemu di tepi Sungai Gangites. Setelah ia dibaptis, ia membuka rumahnya menjadi tempat pertemuan Pendalaman Alkitab yang sedang maju itu. Paulus setia mengajar dan berdoa bersama mereka. Walaupun seorang pedagang kain ungu, ia tetap membuka rumahnya bagi Tuhan. Ia adalah bagian dari perluasan Injil di kotanya. Rumah Lidia dibuka untuk menjadi tempat ibadah, persekutuan, dan pendidikan serta latihan tentang kehidupan Kristen. Dari kelompok kecil ini berdirilah jemaat Filipi
•    DEBORA (Hakim-Hakim 4:4) Pada masa hakim-hakim, orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Lalu TUHAN menyerahkan bangsa Israel ke dalam tangan Yabin, Raja Kanaan. Dua puluh tahun lamanya Yabin memerintah dan menindas umat Tuhan. Oleh anugerah dan kemurahan-Nya, Tuhan memilih seorang perempuan untuk menjadi hakim di Israel. ia adalah seorang nabiah yang menghakimi rakyat. Ia juga  seorang wanita menikah yang juga menjadi seorang hakim. Ia memberikan perintah kepada seorang panglima, Barak bin Abinoam, untuk mengerahkan pasukan melawan musuh mereka. Ketika Barak bersikeras agar Debora maju perang bersamanya, Debora tidak ragu-ragu. Ia pergi barsama tentara ke medan perang dengan sama beraninya seperti wanita zaman sekarang mana pun dalam ketentaraan. Debora mendengarkan panggilan Tuhan dengan saksama (Hakim-hakim 4:6-7) dan menunjukkan kualitas kepemimpinannya dengan memercayakan tugas-tugas kepada orang-orang yang sesuai. Ia rela pergi menghadapi bahaya demi umat Tuhan (Hakim-hakim 4:9-10) dan mengilhami tentara Israel untuk memerangi musuh iman (Hakim-hakim 4:14-16).Dalam segala yang dilakukannya, Debora menempatkan Tuhan sebagai pusat tindakan dan kepercayaannya.
•    Rut, perempuan dari Moab yang menjadi menantu Naomi. Ketika keadaan berubah seketika, suami Naomi meninggal, demikian juga anak-anaknya, Rut menunjukkan bagaimana seorang wanita mengambil keputusan yang tepat, sehingga pada akhirnya Rut menjadi seorang wanita pilihan Tuhan.. Rut merupakan seorang wanita yang setia dan  giat bekerja. Hasil pekerjaannya, kesetiaannya maupun kebaikannya bahkan diketahui oleh banyak orang. Ketaatan yang dilakukan Rut membuahkan hasil. Pada akhirnya Tuhan memberkati Rut dengan caraNya sendiri.Akhir kitab Rut diceritakan bahwa pada akhirnya Rut dinikahi oleh Boas. Dan mereka melahirkan seorang anak yang diberi nama Obed. Obed adalah orang tua dari Isai, ayahnya Daud (raja Israel). Tuhan tidak melihat latar belakang Rut sebagai perempuan Moab, tetapi Tuhan melihat kesetiaan dan ketaatannya.
•    Perempuan Sunem adalah wanita yang kaya dan dihormati di tengah-tengah masyarakat pada zamannya. (2 Raja-Raja 4:8-37).Ia adalah wanita yang baik hati. Perempuan Sunem menggunakan kebaikan dan kekayaannya untuk menghiburdan menolong  nabi (2 Raja-Raja 4:8-10). Ketika Elisa menanyakan perempuan Sunem itu apa yang bisa dia lakukan untuknya, Ia menyatakan bahwa sebenarnya dia sudah bahagia dengan apa yang dimilikinya (2 Raja-Raja 4:11-13).. Hati perempuan Sunem yang penuh rasa syukur dan rasa terima kasih membuka pintu kepada banyak berkat dalam kehidupannya.
•    Ester Zaman Ester sebenarnya zaman yang sangat genting bagi orang-orangYahudi, sebab ada seorang panglima yang bernama Haman mau menghabisi mereka. Namun Ester sang tokoh wanita ini sangat berperan, ia seorang wanita bijak yang takut Tuhan ia menggunakan kesempatannya sebagai ratu untuk menyelamatkan bangsanya.. Haman yang sudah membuat tiang gantungan untuk menggantung Mordekhai paman Esther, sekarang gantungan itu dipakai untuk menggantung dirinya. Esther telah melakukan suatu karya besar untuk menyelamatkan orang-orang Yahudi, karena ketergantungannya kepada Tuhan.

Wanita-wanita berhasil tersebut mampu membagi waktu dan menetapkan prioritas untuk memutuskan mana yang penting bagi mereka. Kasih dan kuasa Yesus membuat para wanita wanita ini  mampu memberi respons konkret dengan ikut berkontribusi dalam pelayanan bersama Yesus. Kisah  Para wanita di dalam Alkitab memberi kita pelajaran yang berharga khususnya bagi para wanita di zaman ini. Mereka membuat kita melihat segala sesuatu dari sudut pandang Tuhan


Tuhan sangat menghargai wanita, karena wanita adalah mahluk ciptaanNya yang berharga. Keberhargaan wanita bukan ditentukan oleh apa yang ia lakukan, tetapi apa kata Tuhan mengenai dirinya sebagai wanita. Banyak wanita merasa berharga karena melakukan pelayanan maupun kegiatan hidup mereka sehari-hari, itu baik tetapi belum cukup untuk membuat kita mengenal keunikan kita sebagai wanita yang berharga di mata Tuhan. Keunikan kita di dalam Tuhan adalah sesuatu yang berharga dan tidak didapatkan dari dunia ini. Semakin dekat hubungan seorang wanita dengan Tuhan dan semakin dalam ia mengenal kebenaran Firman Tuhan, akan mencapai kemaksimalan seorang wanita.
Apabila Allah mendapat tempat yang layak dalam kehidupan sehari-hari seorang wanita, maka ia akan memancarkan kemuliaan Tuhan dan hidupnya menjadi teladan bagi wanita lain.
Wanita,.. engkau sangat  berharga dimata Tuhan. Cara Tuhan mendidik, menyanyangi, memperlakukan dan membentuk kita sangat unik dan ajaib. Tiap wanita memiliki keunikannya sendiri, daya pikat tersendiri yang tidak dimiliki oleh pria. Tuhan menciptakan wanita dengan kepribadian yang lembut dengan perasaan yang sangat peka dan mudah tersentuh  Wanita selalu identik dengan perasaan yang halus, tapi  menyimpan kekuatan yang luar biasa yang berasal dari Allah sendiri.
“Istri yang cakap siapakah akan mendapatkannya?
Ia lebih berharga dari pada permata…… Anak-anaknya bangun dan menyebutnya berbahagia, Pula suaminya memuji dia…… Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia,
Tetapi istri yang takut akan Tuhan dipuji-puji” (Amsal 31: 10,28,30)  Kecantikan seorang WANITA bukanlah dari pakaian yang dikenakan, sosok yang ia tampilkan, atau bagaimana ia menyisir dan menata rambutnya. Kecantikan seorang WANITA dapat terpancar dari perilakunya, karena itulah pintu hatinya, tempat di mana CINTA itu ada…
WANITA dengan perangai cantik melukiskan kekuatan lewat masalah.  Tersenyum saat tertekan, tertawa di saat hati sedang menangis, memberkati di saat terhina, mempesona karena mema’afkan…
WANITA  dengan perangai cantik mengasihi tanpa pamrih dan mencintai dengan ketulusan hati,  serta kekutan dalam iman dan pengharapan... TUHAN memberikan setiap wanita hati yang siap mengampuni sesamanya bahkan di saat kondisi terpuruk sekalipun… 1 Petrus 3 : 4, 5 mengatakan “Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah. sebab demikianlah caranya perempuan-perempuan kudus dahulu berdandan, yaitu perempuan-perempuan yang menaruh pengharapan penuh pada Allah, mereka tunduk pada suaminya.”
Kiranya semua wanita dapat menyadari betapa berharganya kita di mata Tuhan sehingga kehidupan kita dapat memancarkan Kasih Kristus yang nyata melalui tabiat kita.
Tuhan memberkati.
Comments
Add New Search
Sari Indah   |2013-05-14 20:21:23
Sangat membangun artikelnya..
Sari Indah  - GBU   |2013-05-14 20:22:12
Sangat membangun artikelnya

agnes mihen  - 2 raja 4:8-37/8:16   |2013-06-07 18:39:13
Shallom,

Di minta kiranya Ibu Grace dapat membantu saya untuk menerangkan
tentang 02 wanita yang dimaksudkan dalam 2 raja-raja 4:8-37 dan 2 raja 8:16
untuk saya kongsikan kepada persatuan wanita saya.

Terimakasih dan semoga
Tuhan memberkati anda
Chatline  - WAHITA ENGKAU SANGAT BERHARGA DI MATA TUHAN   |2014-01-20 00:29:42
I like this web site very much so much wonderful information. "The worst
solitude is to be destitute of sincere friendship." by Francis
Bacon.

http://is.gd/yuRqbG
helpful site  - WAHITA ENGKAU SANGAT BERHARGA DI MATA TUHAN   |2014-02-07 09:30:42
I've learn some good stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I
surprise how much attempt you put to create this sort of fantastic informative
web site.

http://tinyurl.com/mwbuhzz
stories  - WAHITA ENGKAU SANGAT BERHARGA DI MATA TUHAN   |2014-02-22 20:31:01
Wohh just what I was searching for, appreciate it for posting . "If it's
meant to be it's up to me." by Terri Gulick.

http://tinyurl.com/mvo275h
chatline  - WAHITA ENGKAU SANGAT BERHARGA DI MATA TUHAN   |2014-02-23 21:49:29
You have brought up a very good points , thanks for the
post.

http://tinyurl.com/k4tj4n9
Tesha  - WAHITA ENGKAU SANGAT BERHARGA DI MATA TUHAN   |2014-03-03 19:51:25
With all the useless content online sometimes its hard to find what your looking
for, but I found it here, cheers.

http://jeweldude.spruz.com/pt/Bling-Jew
elry-Tips-That-Can-Come-In-Handy.8-4-2013/blog.htm
Yelena  - WAHITA ENGKAU SANGAT BERHARGA DI MATA TUHAN   |2014-03-05 00:16:41
There are so many blogs online, I'm glad I found yours today, keep it
up.

http://www.jewelrydude.jimdo.com
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
 
:D:):(:0:shock::confused:8):lol::x:P:oops::cry:
:evil::twisted::roll::wink::!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."