KADNet - Keluarga Advent Network

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Advent & Hukum PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?

PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?

E-mail Print PDF

Beberapa waktu yang lalu, media Televisi menyiarkan dan memberitakan dengan gencar selama berhari-hari tentang amarah seorang artis terhadap lawan mainnyadalam suatu adegan shooting sebuah film layar lebar, dimana kedua orang berlainan jenis tersebut melakukan adegan memijat yang diperankan serta dilakukan oleh seorang aktor terhadap si artis lawan mainnya, tetapi tiba-tiba saja si artis marah terhadap perlakuan sang aktor yang dianggap telah berbuat sesuatu yang tidak senonoh dan menyimpang dari skenario, sang aktor dituding melakukan adegan pijat melebihi dari yang telah ditentukan skrip dalam skenario film tersebut, si artis sangat marah dan merasa bahwa aktor tersebut telah berakting dengan melakukan improvisasi yang sangat berlebihan.

Kejadian di atas merupakan pelanggaran etika kesusilaan atau lebih popular disebut "Pelecehan Seksual", yang dilakukan aktor terhadap artis sesama insan perfilman, selain dapat menjurus kepada masalah hukum, kejadian ini juga terpaksa menyeret Produser Film itu untuk turun tangan berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut agar tidak meluas menjadi masalah hukum. Hal-hal demikian sangat banyak terjadi di dalam masyarakat, namun memang selama ini tidak terungkap kepermukaan karena berbagai hal serta alasan dari si korban maupun pelaku kejadian tersebut. Sebetulnya mengapa hal tersebut bisa luput dari pemberitaan maupun ancaman hukuman?

Ketika kita membahas tentang Pelecehan Seksual maka hal yang langsung terkait disini adalah etika dan moralitas, kejadian antara aktor dan artis perfilman diatas adalah masalah yang sangat mudah menyulut kemarahan dan dapat diproses secara hukum kemudian diadili karena terjadi dihadapan publik (saat dilakukan shooting film), akan tetapi karena hukum yang khusus (Lex Spesialis) terkait dengan kesopanan setahu penulis belum ada, maka Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) secara umum (Lex Generalis) dapat dijadikan landasan dengan ancaman hukuman seperti yang diatur dalam Pasal 281-299 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Kejahatan terhadap Kesopanan kemudian dapat diangkat kepermukaan menjadi perkara di pengadilan.

Pelecehan Seksual sendiri sebenarnya kejahatan yang cukup berat karena dapat diancam mulai dari hukuman dua tahun delapan bulan atau denda (Pasal 281, KUHP), hingga yang sangat berat Ancaman hukumannya bila pelecehan menjadi pemerkosaan (dua belas tahun penjara), sesuai Pasal 285 KUHP. Pelecehan seksual menurut beberapa ahli hukum di sebut sebagai tindakan coba-coba yang kebablasan saja, karena bila tidak ada protes dari subyek, maka perbuatan tersebut menjadi "Suka Sama Suka" dan berujung menjadi happy ending (perselingkuhan), walaupun dilakukan oleh sepasang insan manusia yang tidak semestinya melakukan. Apabila pelecehan seksual terjadi di dalam kehidupan suami istri, maka akan timbul ancaman hukum seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Yang menarik untuk dibahas adalah bagaimana menghindar dari tindakan pelecehan seksual, bagaimana mencegahnya serta bagaimana menuntutnya, bila kita mengaalami hal tersebut.

I. ANCAMAN HUKUM PELAKU PELECEHAN SEKSUAL

Seperti telah disinggung diatas bahwa pelecehan terjadi apabila seorang wanita menganggap tindakan, baik perlakuan serta ucapan maupun isyarat tubuh si pelaku dianggap telah melanggar kesopanan dan yang terpenting sebagai seorang wanita tidak mengendaki perlakuan si pelaku tersebut, maka apabila pelecehan terjadi, perbuatan tersebut dapat diancam dengan ancaman hukuman seperti yang terdapat dalam Pasal-pasal berikut ini:

1. Pencabulan, diancam dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 289, 296;

2. Penghubungan Pencabulan KUHP pasal 295, 298, 506;

3. Kejahatan terhadap Kesopanan KUHP Pasal 281 - 299, 532, 533, dan lain-lain.

 

II. MASALAH PENEGAKAN HUKUM PELAKU PELECEHAN SEKSUAL

Seperti tindakan kejahatan lainnya, maka sebetulnya untuk dapat menyeret si pelaku pelecehan seksual tersebut diperlukan syarat-syarat tertentu, agar si pelaku dapat diadili sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku yaitu seperti terdapat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) Pasal 1, sebagai berikut:

1. Adanya Saksi, sekurang-kurangnya 2 (dua) orang;

2. Keterangan Ahli/Saksi Ahli;

3. Surat/Dakwaan;

4. Petunjuk;

5. Dan Keterangan Terdakwa.

Melihat dari isi pasal di atas, maka kesulitan yang terutama dalam kasus pelecehan seksual adalah menghadirkan sekurang-kurangnya 2 (dua) orang saksi dalam proses perkara tersebut, karena umumnya perlakuan melecehkan seseorang dilakukan dalam lingkungan tertutupdan terbatas, atau kalaupun terbuka hanya sedikit oang yang mau dijadikan saksi atas kejadian tersebut, sehingga masalah pelecehan seksual seringkali mengakibatkan kerugian bagi wanita dari pada si pelaku, bahkan tidak jarang karena tekanan tertentu, maka perbuatan pelecehan menjadi perbuatan perselingkuhan yang ahirnya menyeret kedua insan tersebut kedalam pelaku perzinahan, dengan demikian apabila hal ini terjadi sudah barang tentu ancaman Pasal-pasal diatas,lebih sulit lagi diungkapkan untuk diseret ke meja hijau.

III. KEWENANGAN POLISI

Dalam Pasal 108, Ayat 1, Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) mengatakan: Setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana berhak untuk mengajukan laporan atau pengaduan kepada Penyelidik dan atau Penyidik baik lisan maupun tertulis. Isi pasal ini mengandung arti bahwa bila seseorang mengalami, menyaksikan dan atau menjadi korban suatu peristiwa yang merupakan tindak pidana, maka mengadukan atau melaporkan hal tersebut merupakan hak, bukan kewajiban, dengan demikian tindakan hukum terhadap pelaku pelecehan kalau tidak dilaporkan, maka Polisi atau Penyidik tidak dapat memprosesnya menjadi suatu perkara pidana, kecuali perbuatan tersebut diketahui atau ketangkap tangan oleh petugas yang berhak, maka menjadi kewenangan petugas untuk memproses perkara itu (Pasal 111, Ayat 1, KUHAP). Peristiwa pelecehan seksual tanpa laporan dan ketangkap tangan, maka kewenangan hanya ada dilingkungan peristiwa tersebut terjadi.

IV. PENCEGAHAN

Seperti telah disinggung diatas bahwa etika dan moral adalah memegang peranan penting atas terjadinya pelanggaran Hak Azasi Manusia, khususnya pelecehan seksual. Mengutip Kompas.com, bersama ini kami sampaikan beberapa cara menghindarkan dan mencegah terjadinya Pelecehan Seksual sebagai berikut:

1. Tidak menggunakan busana yang dapat mengundang perhatian serta dapat menimbulkan niat lawan jenis untuk melakukan perbuatan yang melecehkan seksualitas;

2. Membuat catatan tentang identitas pelaku, lokasi, tempat kejadian, saksi, perilaku atau ucapan yang dianggap melecehkan;

3. Bicarakan dengan orang lain tentang pelecehan seksual yang terjadi. Bisa kepada teman atau orang lain yang kita percaya;

4. Ungkapan perasaan kita tentang kejadian itu, atau bisa juga dengan memberitahukan perasaan kita pada orang yang ada di sekitar tempat kejadian;

5. Beri pelajaran pada si pelaku dengan memberitahukan langsung kepada pelakunya bahwa kita tidak suka dengan tindakannya atau isyarat tubuh;

6. Segera melaporkan tindakan pelecehan seksual setelah kejadian, kepada yang berwajib ataupun orang terdekat yang berwenang, misalnya bila kejadian terjadi dilingkungan kerja, segera laporkan kepada pimpinan si pelaku.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa tindakan pelecehan seksual, dimanapun lingkungannya, baik lingkungan kerja, lingkungan kampus maupun tempat-tempat umum, dapat dihindarkan dengan mudah seperti diajarkan dalam ajaran Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, yaitu berperilaku baik dengan berpakaian serta bertutur kata sopan layaknya seorang Kristen, karena sebagai pengikut Kristus, sudah seharusnya kita hidup sesuai ajaran-Nya, dengan demikian tindakan yang tidak diinginkan dapat dihindarkan. Amin.

Comments
Add New Search
rika  - meminta bantUan   |2009-09-03 22:41:36
sblumy,sya ingn meminta pertloNgan,
Sya ingin mengetahui secara detail tntang
kasus pelecehan seksual.

Sya memiliki teman yg bernasip malang,saya ingn
orang yg tlah melecehkanY Bertangung jwab,setidakY mendpat hukuman setimpal
dngan perbuatanY,

Dia pernh menjlin hubngan dngan seorg pria,suatu saat
pelecehan itu trjadi,tpi krna diancam tdak bleh ngmong dngan siapapun diapun tak
bicra,
Akhr2 ini diapun ingn menikah dngan orang lain,tpi krna adat sukuy yg
mengutmakan virgin yg ditUntUt pihak laki2,.
Diapun mengalami depResi
ringan,dia bngung,dulu dia memutuskan mengakhri hubngany dngan laki2 yang
membuat hdupnya hancur krna org ke tiga,krna dia mengangap smua yg dia alami,gak
akan membwa masalah ke msa dpannya,tapi ketika dia ingn menikah dngan org
lain,dia menemukan mslah ini,apakah dia hrus jd perwan tUa?
ntah pa yg hrus dia
lakukn,akhrY dia membranikan dri mencritaknY Ke saya..

Yg jd permaslahanya
kjadian ini s...
bernet  - rika - meminta bantUan   |2010-01-13 17:03:31
sepertinya dik rika ini pengalaman pribadi yaa? kok nyalahin cowo?! mungkin
dulu itu si cewenya saja yang malah sengaja ngasi badannya bwt cowonya
kalee,tolong jangan men 'judge'. kalau emang si cw nya sendiri yang sekedar
pengen punya keturunan dari si cowo.jangan mendengar dari sepihak doong.coba
saja ketemukan antara mereka berdua.Cewenya saja yang murahan.Nyosor2
kalee.Sarankan saja untuk INTROSPEKSI, berserah diri dan memohon
ampunanNya.javascript:JOSC_emoticon(" 4;)
luis   |2009-09-10 03:44:49
Tuntut aja to cow...
kama   |2010-01-19 17:50:57
jangan salah....cowo tuh,giman si cewek. cewenya aja yang murahan. cewe kan ikan
asin. kucing kan cari ikan asin
broadway   |2010-05-28 04:10:21
agak bingung dengan setting case ini..

saya cuma bisa bilang..

anak balita yg
masih belajar jalan, selalu jatuh kedepan.. ya memang jatuh.. tapi
kedepan..

keadilan itu urusan yg maha kuasa
joharis  - CSH   |2010-06-01 05:21:58

kenapa sulit skali untuk memberantas pelaku2 kekerasan
terhadap kesusilaan apa si cewe yang slalu menarik perhatian agar terjadi hal2
tersebut padahal mereka jugakan tidak ingin hal seperti itu terjadi tapi apa mau
dikata kalau suda setan yang berbicra pasti terjadi .......
johs  - CSH   |2010-06-01 05:28:53

HARI-HARI KITA HARUS DIJADIKAN SUATU ALASAN UNTUK BERBUAT KEBAIKAN BILA
NIAT SLALU UNTUK MEMBERANTAS SLALU MELEKAT PADA DIRI KITA
Anto  - Tuduhan   |2010-06-30 02:10:48
sya it mndpat tduhan katanya mencabuli anak kecil di tetangga sya.Tapi saya
tidak melakukannya tpi sya dah sngat ju2r sya tdak mlakukan hal itu,pegang
anakya blom pernah,tapi ayah anak yg menuduh sya itu, tdak percaya akan keju2ran
saya.Bgai mana solusi untk saya agar ayahnya percaya?
idrian  - SH   |2012-04-26 22:56:12
tuduhan pencabulan yg anda alami tsb perlu pembuktian dan perlu adanya saksi,
tanpa adanya pembuktian anda bisa membalikan keadaan dengan mengajukan gugatan
pencemaran nama baik atas pelaporan tersebut,jadi manuver anda dengan melaporkan
balik sang pelapor, dengan catatan tdk ada pembuktian atas tuduhan terhadap
anda.
maret wicaksono  - panggilan jiwa   |2010-08-06 17:45:44
saya seorang manusia sosial, di lingkungan saya kontrol sosial sangat tinggi
apalagi masalah kehormatan keluarga. tolong saya bagaimana prosedur saya untuk
menghadapi masalah yang saya hadapi. bahwa ada anak dibawah umur
di"tiduri" oleh seorang pria dan pria tersebut tidak mau mengakuinya.
nur adi  - kyai sodomi   |2010-12-08 19:42:03
kalau ada orang yang menjadi korban pelecehan sexual trus ndak ada bukti apakah
bisa di laporkan
hyeon  - go spirit go...   |2012-07-09 02:41:41
Bisalah...
Kesaksian korban juga mrupakan bukti persidangan. Mslah dibantah atai
tdk saksi anda nanti dilihat dr hsl pemeriksaan dan sid ang perkara.
jgn
dibiarkan. Nanti tersangka jd tuma n alias kebiasaan.
Limpung  - Minta saran   |2011-01-03 08:32:51
Keluarga saya terkena masalah tentang pecabulan yang dilakukan suka sma
suka sampai terjadi kehamilan 4 bln ,sebenarya kami sudah mau bertanggung
jawab ,tapi pihak orang tua perempuan tidak setuju,padahal si korban sendiri mau
di nikahi,tapi orang tua si korban tidak mengijinkan sampai pada akhirya masalah
ini di bawa ke jalur hukum.Apa yng harus kami lakukan mohon petunjuk
berta  - kasih saran   |2011-01-07 01:04:33
kalo kalian cocok........kasi pengertian ke orang tua.yakinlah,dengan
puji tuhan ortu kalian akan menyetujuinya jua.tapi kalo emang sebetulnya
diantara kalian berdua sudah tidak ada kecocokan?? ngapain harus dinikahi?? maaf
ya....sy aja skr single parrents.dan saya saja tdk nikah.ya mau gimana lagi ini
kesalahan kami berdua,knp harus menyalahkan fihak cowo?? ya,sama2 introspeksi
diri aja dch y. Godbless u.
athrine  - hukuman bagi perusak generasi bangsa   |2011-03-19 00:16:25
hanya kematian alias hukuma gantung bagi para pelaku kejahatan seksual
yang memperkosa ank di bawah umur !!!!

gantung to SANGAT BAIK bagi
keberlangsungan hidup umat manusia
BE A BETTER MAN  - CABUT NYAWA MNUSIA2 BEJAT   |2011-04-07 05:04:58
KEMBALIKAN PADA DIRI SENDIRIII...........TEGUH KAN IMAN....

YA ALLAH CABUT LAH
NYAWA2 MANUSIA PERUSAK....DIMUKA BUMI INII..............AGAR NERAKA PENUH SESAK
DGNNYA.........
imperial  - sabar & tabah   |2011-04-08 17:18:00
Ko awalnya yuridis jd siraman rohani... bagus tapi endingnya semu brow!!!!!
hadi  - saya setuju   |2011-04-29 01:13:20
hajar bosss....
adi jaya  - setuju dengan hadi   |2011-04-29 01:14:13
hajar jg bosss...
perempuan  - hobby melakukan pelecehan   |2011-05-22 10:13:44
apa yang seharusnya dilakukan/tindakan bagi perempuan yang mempunyai suami hobby
melakukan pelecehan sexual pada para pembantunya..?
hyeon  - make up   |2012-07-09 02:44:12
wah... kl gtu, istrinya kalah cantik sm pembokatnya
yadisab  - knapa hanya cewek yg jadi korban....   |2011-06-20 19:19:37
gimana kalau cewek yang melakukan tindakan pelecehan..., tp lebih cenderung ke
pelecehan hati....
yadisab  - adendum   |2011-06-20 19:33:12
fisik juga...,
rayesh  - Tuduhan   |2011-08-08 20:40:47
Saya di undang mampir di sebuah rumah teman yg msh duduk di bangku SMA kls 2,
ketika pulang saya terlibat pertengkaran lalu dia memberi tahu kepada
keluarganya bahwa saya telah melakukan pemerkosaan yg TIDAK PERNAH saya lakukan
saat itu. Dan keluarga nya mengancam akan menuntut melalui jalur hukum. apa yg
harus saya lakukan menghadapi fitnah ini. tidak ada saksi yg melihat kejadian
itu namun dia memfoto sebuah cakaran di tangan yg saya sendiri tidak tahu dari
mana asalnya. apakah itu bisa di jadikan bukti? tolong bantu saya menghadapi
fitnah yg kejam ini.
iin   |2011-09-14 22:17:13
saya ingin jurhat karena di rumh kami terdpat mslh dengan ank sya. begini sya
seorng janda punya ank 2 dn sya pergi ke luar negri demi mencri nafkh buat
pendidikn anak2u supya kelak bsa pempunyai masa depn lebih baik. tpi semua harpn
ke sya tanmkn sepenuh nya pda ank sya dn sekrng bru kls 1 sma . dia di paksa
dengan kakak kelsnya melkukn sex krena dia tkut dengn acmn itu ahrnya dia
menurut dn ber kali2 melkukn nya hati sya hancur harpn sya selma ini pun hancur
.dn sekrng ank sya mengjukn ke pengadilan hanya di dmpingi adik sya . sya benr2
gk tau hrus bgai mna wlu hncur nya haprn dn hatiku tpi sya hrus sabar mungkin
udh tk dir dri yg kuasa buat kmi . yg ingin sya tanyakn apa di pengadiln nanti
si pelaku bsa mendapatkn hukuman karen ank sys msih umur 15 thun dn lai2 itu 17
thun .kata lurah tempt kami pengajuan kami tdk akan ber hasil . tolng lh saya
saya hnya bisa berhrp kepda semua pengrus ke adalan hukum dia dengan sepatas nya
maria  - berapa tahun sih   |2011-09-15 01:53:27

santi  - diam diam   |2011-11-01 01:19:06
RADEN ISKANDAR   |2012-01-05 06:36:44
salam untuk semuanya...
curhat dooong..????
di kampung saya ada anak yang
katanya mau di pekerjakan jadi pembantu rumah tangga di jakarta akan tetapi tiga
hari di jakarta pulang malah bawa kabar bahwa dia telah di lecehkan oleh salah
satu anggota keluarganya...bahkan si anak sekarang depresi....seharusnya aparat
penegak hukum selalu siap menerima laporan pengaduan dari masyarakat eeeeh malah
cuek bebek....hukum sekarang kaya tajam ke bawah tapi tumpul ke
atas...mudah-mudahan kedepan pemerintah lebih respon terhadap setiap kasus
terutama masalah pelecehan dan perkosaan...
Anonymous   |2012-02-19 18:24:38


nandy  - jun'z   |2012-07-29 21:48:10
cowo itu gmana cewe'y ko jadi cewe yang salah mah
reza  - keputihan   |2012-10-01 05:45:55
aku mw tanya
temen aku (cow)

katanya mw d laporkan ke polisi gra2
mereka melakukan oral
si cow mengkorek korek kemaluan si wanita
sehingga
kemaluan si cew menjadi sakit
lalu terkena pnyakit keputihan
tapi mereka
malakukannya atas dasar suka sama suka
tetapi si cow pernah tanggung jawab
ganti uang perobatan nah trus tba tba keputihan si cew kambuh lagi gara
gara dia jatuh dri tangga dan kecelakaan sampe skarang g sembuh2


aku mw tanya jika si cow tu d tntut pa kah si cow bakalan masuk
penjara

pdahal si cow kan pernah tanggung jawab soalny mereka masih d bawah
umur
mohon sarannya
obay   |2012-10-03 06:49:35
sy mempunyai masalah. di ancam akan di buat cacat dan mati. di sini sy memang
pernah berhubungan, tetapi setelah sekian lama 1thn. prempuan tersebut meminta
pertanggung jwbn. sdangkan dia tidak hamil dan telah lama tidak
ketemu/berhubungan lg. skarang sy harus apa
obay   |2012-10-03 06:57:06
di sini, qt ber2. mlakukan atas dasar suka sama suka dan sy hrus gmn? SEDANG KAN
SAYA DI LAPORKAN KPD: PIHAK BERWAJIB
Mink  - Sexual Harrashment by Authorizers   |2012-10-24 04:23:35
Kalau yang melakukan pelecehan seksual (bellum tahap pemerkosaan, baru ajakan
yang ditolak dan penjamahan bagian tubuh) adalah polisi berpangkat tinggi,
bagaimana cara melaporkannya? Dan bagaimana kemungkinannya, apakah malah si
pelapor nanti dikerjai, karena pelaporan atas dasar kesaksian korban saja.
selvidaffa  - pelecehan seksual   |2012-12-21 04:11:52
sy seorg jnd knl seorg karyawan bank panin surabaya mengaku sbg audit bank
berusia40th,bertinggal bernama agus kuncoro diketintang wiata v no33
surabaya,anak dr bapak sugik ,ibu sugik,setelah saya dipaksa melayani nafsu
setannya sy ditinggalkan bgt saja dia prg tdk ada kbr didatangi kermhnya malah
sy dicaci maki dikantai dasar perek ,dan sy diancam sama dia jk saya lapor
polisi sy akan dibuat menderita hdpku sy mohon keadilan hukum buat saya agar
lki2 mendpt hukuman yg setimpal atas perbuatan biadab buruk dia
terhdp sy
EDWIN SALEKY  - komentar   |2012-12-27 20:47:06
kenapa hukum itu, dia berlaku bagi kami orang-orang yang kecil,sedangkan bagi
pejabat -pejabat besar itu,mengangap hukum itu,tidak di perlakukan.apakah mereka
memiliki banyak harta,dan rumeh mewah,sehinga memandang enteng kami orang-orang
kecil.
kusnadi maedy  - pelecehan seksual?   |2013-01-18 01:43:44
Seorang mahaiswa smester 2 melakukan hubungan seksual kepada siswa smu kelas 2
yang usianya belum genap 16 tahun, atas dasar suka sama suka.
Pertanyaan saya
bisakah orang tua anak perempuan memerkarakan anak laki-laki karena dianggap
melakukan pelecehan seskual terhadap anak di bawah umur?

mohon balasan,
terimakasih.
Ank   |2013-02-08 18:53:35
bisa dilakukan penuntutan krna sifatnya delik aduan absolut,dlm hal ini
perbuatan cabul atau persetubuhan terhadap anak dibawah umur...silahkan pa
kusnadi datang ke kantor kepolisian setempat untuk melaporkan kejadian ini
selaku orang tua dari korban.......dan jgn lupa dimana tempat kejadian
perkaranya ( hubungan seksual tersebut dilakukan dimana ? )
rasta kucing  - tuduhan pelecehan   |2013-03-13 00:09:11
saya ingin curhat saya dituduh oleh tetangga saya sendiri karna saya sudah
melakukan hubungan intim sma dia memang klo dri segi materi saya yang banyak
harta ya dan tetangga saya materi ya menengah kebawah dan memang saya melakukan
pelecehan itu tetapi saya melakukan itu karna saya diiming imingi dgn sebungkus
rokok dan bukan ya saya yg maksa untuk melakukan itu cwex ya lah yg memaksa saya
untuk melakukan itu karna saya diiming imingi dengan rokok dan banyak yg tw klo
saya sering dikasih rokok sma dia tanpa saya meminta memang saya sudah berkumpul
secara kekeluargaan kan tetapi dri ayah ya si cwex pengen ya saya tunangan sma
dia kan tapi saya blm siap klo yg nama ya tunangan dikarnakan saya masih kuliah
dan si cwex ya sudah tidak skolah lagi dikarnakan kasus dia sendiri dikeluarkan
dri skolah ya dan umur saya 18 tahun si cwex 15 thun klo dibawa kehukum siapa yg
salah dan saya minta pendapat ya ..makasih
rasta kucing  - tuduhan   |2013-03-13 00:16:15
MAAF salah yg tadi saya dituduh berhubungan intim kan tetapi saya tidak
melakukan ya saya hanya melakukan ciuman dan memegang buah dada ya saya
melakukan itu karna saya diiming imingi dengan sebungkus roko oleh si cwex dan
saya tidak memaksa buat ngelakuin itu si cwex yg mau klo ngelanjutin ke hukum
spa yg salah dan saya mohon penjelasdan ya
how you can help  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2013-12-03 19:47:17
Greetings from Carolina! I'm bored to tears at work so I decided to check out
your site on my iphone during lunch break. I enjoy the information you provide
here and can't wait to take a look when I get home. I'm amazed at how fast your
blog loaded on my phone .. I'm not even using WIFI, just 3G .. Anyways, great
site!

http://tinyurl.com/lmvkzp7
I was reading this  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2013-12-16 22:35:53
Thanks for your publication. I also think laptop computers have become more and
more popular currently, and now are usually the only sort of computer found in a
household. This is because at the same time they are becoming more and more
reasonably priced, their computing power keeps growing to the point where they
can be as potent as desktop computers out of just a few years
back.

http://tinyurl.com/k96bztn
official site  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2013-12-16 23:02:11
I keep listening to the rumor speak about getting boundless online grant
applications so I have been looking around for the best site to get one. Could
you tell me please, where could i acquire some?

http://tinyurl.com/kkb5msa
recommended you read  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2013-12-20 20:33:51
It's in reality a great and useful piece of info. I'm satisfied that you simply
shared this useful information with us. Please stay us up to date like this.
Thank you for sharing.

http://tinyurl.com/lhh7pnm
Consulter voyance  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-01-23 03:46:20
voyance par telephone amour toulouseVoir mon nouveau site : link:"http://paradiseradio.fr"

www.par adiseradio.fr
more help  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-02-13 04:01:37
You are my breathing in, I own few web logs and sometimes run out from to
brand.

http://tinyurl.com/n3pxctg
Wiley Hurrle  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-02-20 13:25:49
yeah yeah yeah this post is over a year old, but I just saw the adorable picture
of the baby Shiba! I have 2 Shibas and they are THE best dog!

crystal  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-02-23 06:38:43
Good website, Keep bring us great info, because I for one certainly value
it.

http://tastyplanner.com/chefs/bill888philli ps
podcast  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-02-25 17:12:25
Magnificent website. A lot of useful info here. I
my company  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-03-01 20:48:38
Hmm is anyone else having problems with the images on this blog loading? I'm
trying to find out if its a problem on my end or if it's the blog. Any
suggestions would be greatly appreciated.

http://tinyurl.com/moceqxa
Harry Tech  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-03-18 06:59:42
Wonderful article! We are linking to this particularly great post on our
website. Keep up the good writing.

computerstechit.blogspot.com/
her latest blog  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-03-31 14:45:18
Thanks for sharing excellent informations. Your web-site is very cool. I am
impressed by the details that you have on this web site. It reveals how nicely
you understand this subject. Bookmarked this web page, will come back for extra
articles. You, my friend, ROCK! I found simply the information I already
searched all over the place and just couldn't come across. What a perfect
site.

http://tinyurl.com/k5ehpnw
learn more jokes  - PELAKU PELECEHAN SEKSUAL DAPAT DIHUKUM?   |2014-04-09 10:20:52
Very interesting info !Perfect just what I was looking for!


http://tinyurl.com/bto5wku
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
 
:D:):(:0:shock::confused:8):lol::x:P:oops::cry:
:evil::twisted::roll::wink::!::?::idea::arrow:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.25 Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Saturday, 01 August 2009 07:50 )